KERUSAKAN TV GOLDSTAR DAN SHARP

Hari ini aku dapat kerjaan servis tv, ada 2 unit masing-masing bermerk Goldstar 14 inc Type CA-14D72, SHARP VISION 21 inc,yang kerusakannya berbeda-beda. Kalau Yang GoldStar kerusakannya gambarnya goyang kekiri dan kekanan, warna kemerahan hampir klise.Pada awalnya ku periksa dulu solderan2 pada kaki komponen, kebetulan ternyata banyak juga solderan pada kaki komponen yang sudah tidak bagus/retak, kemudian coba cek tegangan B+ juga normal.


Tapi setelah kucoba nyalakan kemabli ternyata kerusakan masih tetap ada. Selanjutnya ku mulai cek komponen2 seperti elco. Dimulai dari elco pada blok regulator, ku ganti elco2 yang berhubungan dengan tegangan B+ dengan yang baru, kemudian aku ganti elco pada bagian AFC dengan nilai 50v/22mikrofarad yang berhubungan jalurnya dengan ic TA8690AN. Kemudian Tv kunyalakan kembali dan hasilnya Tv sudah kembali normal. Ternyata penyebab kerusakan tersebut adalah pada bagian AFC khususnya komponen Elco dengan nilai 50v/22mikrofarad.

Pada Kasus Tv SHARP VISION yang kerusakannya hidup sebentar kemudian standby/protek agak rumit juga, karena pada awal pemeriksaan aku langsung mengganti elco2 di blok regulator luar untuk supply tegangan 5 volt dan 12 volt yaitu elco dengan nilai 16v/1000mikrofarad ada sekitar 4 elco, tapi kerusakan tetap terjadi.

Merasa kehabisan akal aku coba ganti STR ( STR W6753 ) ternyata tv hanya sanggup bertahan 30 menit kemudian kembali standby.Aku sempat berfikir jangan2 karena STR yang aku pakai bukan STR yang bagus walaupun Typenya sama, lalu kucoba cari STR yang menurut aku lebih bagus, kebetulan temanku sesama teknisi ada yang punya stok STR tersebut, maka aku pinjam dan kupasang.

Ternyata juga tetap sama, Tv hidup sebentar kemudian standby. Waduh bingung dah nih! Apalagi yang rusak! Akhirnya kuputuskan untuk mencek komponen yang ada disekitar STR satu persatu,mulai dari resistor, capasitor dan akhirnya ternyata ada 1 Elco dengan ukuran 50v/22mikrofarad yang ketika aku ukur dengan tester menunjukan keanehan yaitu jarum penunjuk tester tidak kemabali keposisi semula.

Akhirnya kuganti saja elco tersebut...dan akhirnya Tv bisa kembali normal. Ini jadi pelajaran buatku..yaitu jangan terburu-buru mengambil kesimpulan terhadap suatu kerusakan sebelum mengukur atau memeriksa komponen secara teliti terutama pada bagian/blok yang dicurigai sebagai penyebab kerusakan.

2 komentar:

  1. semoga banyak pasien dan semakin laris..salam kenal

    BalasHapus
  2. sip ini min, makasih sudah share
    https://cody.id/produk/lcd-separator/



    CODY***GARANSI SELAMANYA***
    + HARGA DIJAMIN LEBIH MURAH +
    + JASA SERVIS PASTI LEBIH CEPAT +

    BalasHapus

Bagaimana menurut anda? Tolong Kasih komentarnya dong !