MANFAAT LEMAK BAGI KESEHATAN



Lemak seringkali diidentikkan sebagai penyebab bertambahnya berat badan. Namun, tak selamanya lemak menjadi penyebab banyak orang mengalami obesitas.

Bagi anak-anak dan dewasa, asupan lemak yang ideal sangat dibutuhkan sebagai sumber energi bagi tubuh. Khusus bagi anak-anak, lemak seperti asam lemak esensial sangat dibutuhkan sebagai nutrisi tumbuh kembang anak yang optimal.

Memberikan asam lemak esensial sebagai nutrisi yang sangat dibutuhkan bagi tumbuh kembang anak wajib diberikan, karena selain berpengaruh pada pertumbuhan fisik, asam lemak esensial juga merupakan komponen pembentukan sel membran yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel.

“Asupan lemak esensial yang seimbang merupakan hal mendasar bagi tumbuh kembang optimal anak. Lemak sehat ini dapat membantu membentuk dan mengintegrasikan sel-sel membran, sehingga sel membran menjadi lebih lentur dan mampu menyerap nutrisi lebih baik,” kata Pakar Gizi Klinik dari Persatuan Dokter Gizi Klinik Indonesia (PDGKI), Dr. Fiastuti Witjaksono MS, Sp.GK saat ditemui dalam Blue Band Gold Launch di Gedung Graha Niaga, Jakarta, 18 Juni 2010.

Sumber lemak yang mengandung asam lemak esensial biasanya memiliki kandungan omega 3 dan omega 6 yang tidak selalu mudah didapat.

Untuk itu, menambahkan dan merencanakan menu makan yang cerdas oleh orangtua sangat diperlukan demi terciptanya pola makan sehat, terkontrol dan lezat.

“Kuncinya adalah 3J. Jenis makanan dengan komposisi karbohidrat (50-60%), protein (15-20 %) dan lemak seimbang, di samping vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, B12, D dan E. Yang kedua, jumlah kalori sesuai kebutuhan. Terakhir, jadwal makan teratur,” katanya.

Dari total 30 persen lemak yang dikonsumsi, Fiastuti menyarankan sebaiknya tidak lebih dari 7 persen lemak adalah lemak jenuh (SAFA), dan 25 persen adalah lemak tidak jenuh, 6-10 persen adalah lemak tidak jenuh ikatan ganda (PUFA), dan 15 persen adalah lemak tidak jenuh ikatan tunggal (MUFA).

“PUFA dan MUFA penting untuk pertumbuhan, PUFA atau lemak essensial sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan, yaitu omega 3 dan omega 6 yang bisa diperoleh dari ikan salmon, kacang almond, avokad, margarin, dan telur,” katanya menambahkan.

sumber : VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana menurut anda? Tolong Kasih komentarnya dong !