10 HAL YANG SELALU TERJADI DI PIALA DUNIA

Setiap Piala Dunia selalu ada cerita yang berkisar pada topik-topik yang sama. Dari dalam lapangan maupun luar lapangan, topik yang sama dengan actor berbeda, tempat berbeda, waktu berbeda dan tentunya juga respon berbeda. Yang pasti, Piala Dunia menjadi ajang yang selalu menghadirkan banyak kisah.

Terkait hal yang selalu muncul di setiap Piala Dunia, seperti yang dirilis Tempo Interaktif, situs bleacherreport.com mencatat ada 10 hal yang selalu muncul di putaran final sepak bola akbar sejagat itu. Berikut diantaranya :


1. Bola resmi penuh kontroversi.

Tahun ini, para pemain mengeluhkan Jabulani, bola resmi buatan Adidas, yang terlalu ringan dan gampang melenting, sehingga susah dikuasai. Penjaga gawang Amerika Serikat, Marcus Hahnemann, menjulukinya sebagai “mimpi buruk”.

Pada Piala Dunia 2006 di Jerman, penjaga gawang Inggris, Paul Robinson, mencemooh bola Temgeist “seperti bola polo air”. Pada 2002, ketika Brasil menjadi juara dunia, bola resmi dikritik karena terlalu besar dan ringan.
Pada 1994, kiper Amerika Serikat, Tony Meola, mengomel karena menganggap si kulit bundar itu terlalu enteng. Sedangkan tim Spanyol menyebut bola resmi Euro 2004, Roteiro, sebagai “bola pantai”.

2. Insiden sikut

Pada 1994, Leonardo Araujo adalah salah satu pemain terbaik Brasil. Tapi, setelah 43 menit pertandingan melawan Amerika berjalan, dia menjadi mimpi buruk bagi pemain Uruguay, Tab Ramos. Ramos terpaksa mondok 3,5 bulan di rumah sakit setelah wajahnya terkena sikut Leonardo.

Pada 1998, Belanda melawan Argentina. Sesaat menjelang Dennis Bergkamp mencetak gol kemenangan, Ariel Ortega menghajar rahang penjaga gawang Edwin van der Sar.

Piala Dunia 2002 juga memperlihatkan serangan brutal pemain Turki, Hakan Unsal, yang menendang bola ke arah wajah Rivaldo. Empat tahun kemudian, giliran pemain Amerika Serikat, Brian McBride, yang ketiban sial. Tapi nasibnya lebih baik ketimbang Ramos, yang disikut wajahnya oleh Daniele De Rossi.

3. Kejayaan kuda hitam

Menang atau kalah itu soal biasa. Tapi kekalahan negara unggulan oleh tim-tim kuda hitam selalu mengejutkan. Senegal, misalnya, pernah melakukannya terhadap Prancis pada 2002. Kamerun mempermalukan Argentina pada 1990. Nigeria menghajar Spanyol pada 1998. Ghana menumbangkan Republik Cek 2-0 pada 2006. Irlandia mempecundangi Italia, runner-up Piala Dunia 1994. Korea Selatan bahkan berhasil maju sampai semifinal pada 2002 setelah menyingkirkan negara-negara yang diunggulkan di kandangnya sendiri.

4. Inggris tersingkir oleh faktor X

Kesebelasan Tiga Singa kerap tak beruntung di final Piala Dunia. Ada saja penyebabnya. Mungkin Chris Waddle penyebabnya. Atau Diego Pablo Simeone. Atau Darius Vassell. Atau wasit yang menganulir tandukan Sol Campbell. Atau David Batty. Atau Cristiano Ronaldo, yang mengedipkan mata kepada wasit sehingga membuat Rooney terkena kartu merah. Bisa jadi “tangan Tuhan” Diego Maradona. Inggris kalah, tapi tak selalu lewat permainan yang fair.

5. Bagaimanapun bagusnya permainan mereka, Spanyol adalah pecundang abadi.

Bagaikan matador yang menundukkan banteng dengan tarian, Spanyol selalu bermain cantik di setiap Piala Dunia. Tapi ternyata cantik saja tidak cukup.

6. Belanda selalu kalah dalam adu penalti

Negeri Oranye ini mungkin dibenci oleh dewi fortuna. Hingga Piala Eropa 2004, mereka selalu tak beruntung dalam adu penalti. Pada final Piala Dunia 1998 ketika menghadapi Brasil, contohnya, Ronald de Boer dan Phillipe Cocu gagal mengeksekusi tendangan sehingga Belanda kalah. Van Basten gagal di Piala Eropa 1992. Pada Piala Eropa 1996, giliran sang legenda Clarence Seedorf.

7. Pencetak gol terbanyak bukan yang difavoritkan sejak awal

Lihat saja Ronaldo, yang menjadi favorit pada 2002. Tapi akhirnya striker Jerman, Miroslav Klose, yang meraih sepatu emas. Pada 1994, Romario terlihat begitu produktif, tapi toh akhirnya Hristo Stoichkov dari Bulgaria yang menjadi pencetak gol terbanyak.

8. Gol-gol ajaib

Maradona menciptakannya pada 1986. Pada 1994, pemain tengah Saudi, Said al-Owayran, secara mengejutkan mengarungi sepanjang lapangan lalu menceploskan bola ke gawang Belgia. Tendangan voli ajaib Maxi Rodriguez mengantar Argentina meraih kemenangan atas Meksiko pada 2006.

9. Wasit kontroversial

Pada 2006, wasit Rusia, Ivanov, dijuluki “sang jagal” karena mengeluarkan 16 kartu kuning dan 4 kartu merah ketika memimpin pertandingan Belanda melawan Portugal.

10. Lelaki tidak menangis

Tapi kita selalu menyaksikan wajah-wajah lelaki perkasa yang berurai air mata setelah tendangannya meleset atau ditepis kiper dalam adu penalti sehingga membuat negaranya kalah. Siapa yang akan menangis di Afrika Selatan tahun ini?


Sumber: bleacherreport.com


1 komentar:

  1. Saya ibu surty tki singapore saya hadir berkomentar di dalam blog ini,cuma ingin menceritakan kisah nyata,sekaligus mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada Mbah Sero,atas bantuannya semua hutang2 saya sudah pada lunas,nomor togel yang Mbah berikan lansung 4d bocoran singapore,syukur alhamdulillah tembus dapat kemenangan 800.juta,itu dalam bentuk uang indo,kemarin saya sangat bingun karna hutang banyak syukur sekarang sudah senang,saya tidak akan melupakan bantuan Mbah,apa bila saya sudah pulang ke indo saya akan berkunjung kepondok Mbah untuk silatu rahmi,bagi saudarah2 yang lagi terlilit hutang jangan anda putus asa,kalau mau sukses seperti saya silahkan tlpn atau sms Mbah Sero di nomor O82~37O~357~999 beliau seorang paranormal yang bisa di percaya,karna sudah memberikan bukti,ingat kesempatan tidak akan datang untuk kedua kali,jadi giliran anda untuk membuktiannya terima kasih...

    BalasHapus

Bagaimana menurut anda? Tolong Kasih komentarnya dong !