KUNCI SUKSES BISNIS



Dalam membangun usaha ada 2 Konsekwuensi yang harus dihadapi UTUNG atau RUGI . Yang terpenting adalah langkah bagaimana caranya memperkecil potensi kerugian . Menurut Wulan Ayodya , pengelola lembaga pelatihan kewirausahaan UKMKU , Jakarta . Ada beberapa langkah untuk memperkecil potensi kerugian sebelum memulai usaha kecil menengah :

1. PENETUAN JENIS USAHA

Pilih jenis usaha yang didasarkan pada hoby atau kesenangan , kalau mengalami kendala kalo sudah hoby ya biasanya lebih tekun karena dasarnya cinta / senang. Selain itu perlu didukung ilmu dan keahlian . Berwirausaha ibarat main game , Uang adalah : SKOR , yang penting kemahiran bermain . Semakin mahir ..ya SKOR akan makin tinggi .


2. BUAT PERENCANAAN

Biasanya konsep usaha yang tidak jelas berdampak pada pembengkakan atau pemborosan . Rencana ini mencakup : pilihan produk / jasa yang akan dijual, lokasi usaha dan apa saja kebutuhannya . Tentukan modal dan mangement keuangannya . Jadi harus mengetahui alur produksi usaha tersebut .

3. LAKUKAN SURVEY

Survey bertujuan untuk mendapat kebutuhan usaha yang paling tepat , murah dan effisien . Yang perlu di survey antara lain : lokasi usaha , segment pasarnya , dan pesaing usaha .

4. BELANJA SESUAI RENCANA

Gunakan pedoman sesuai dengan rencana modal . Jangan beli peralatan yang mahal diawal , hal ini untuk membentuk podasi keuangan yang kuat dulu di tujuan awal bisnis . Sehingga resiko rugi besar juga bisa di tekan .

5. PERHATIKAN “4 P”

Apa itu 4 P : Product , Price , Place dan Promotion . Untuk product upayakan yang unik , aneh dan orang tertarik dan membeli product tersebut . Product harus berkualitas dan harga bersaing .

Ingat jangan latah meniru atau ikut – ikutan usaha orang lain yg sudah jalan / sukses , semua orang banyak berorientasi pada uang tanpa memikirkan kecintaan , keahlian dan pengalaman . Orang hanya berfikir SKOR , tidak memikirkan keahlian bermainnya . Jadi hindari jenis usaha yang sudah banyak di ambil orang sehingga potensi kegagalannya kecil .



refferensi :

majalah idebisnis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana menurut anda? Tolong Kasih komentarnya dong !