THE TIELMAN BROTHERS PIONIR ROCK 'N ROLL DUNIA ASLI INDONESIA



Bagi anda yang berpikir bahwa ranah musik Indonesia tidak semaju dunia musik di negara-negara lain, mungkin anda harus memikirkannya kembali. Karena dulu di tahun 1945, Maluku telah melahirkan grup band Rock n’ Roll jauh sebelum The Beatles dibentuk, “The Tielman Brothers”.

Band yang aktif pada tahun 1945 sampai 1976 ini dibentuk oleh anak-anak dari pemusik Indonesia yang bernama Herman Tielman, seorang kapten tentara KNIL. Personil The Tielman Brothers adalah sebagai berikut :

* Andy Tielman – vokal, gitar
* Reggy Tielman – gitar, banjo, vokal
* Ponthon Tielman – contrabass, gitar, vokal
* Loulou (Herman Lawrence) Tielman – drum, vokal
* Jane (Janette Loraine) Tielman – vokal

Perjalanan musik The Tielman Brothers dimulai di Surabaya pada tahun 1945, dimana empat kakak beradik laki-laki dan seorang adik perempuannya, Jane, sering tampil membawakan lagu-lagu dan tarian daerah. Musik mereka beraliran rock and roll, namun orang-orang di Belanda biasa menyebut musik yang mereka usung beraliran Indorock. The Tielman Brothers pernah tampil di Istana Negara Jakarta dihadapan Presiden Soekarno.

Berawal dari ketertarikan Ponthon untuk memainkan contrabass yang diikuti saudara-saudaranya yang lain. Reggy mempelajari banjo, Loulou mempelajari drum, dan Andy mempelajari gitar. Penampilan pertama mereka pada acara pesta di rumahnya membuat teman-teman ayahnya kagum dengan membawakan lagu-lagu sulit seperti Tiger Rag dan 12th Street Rag. Sejak saat itu mereka sering tampil di acara-acara pribadi di Surabaya. Tawaran tampil pun berdatangan dari berbagai daerah di Indonesia. Sampai pada akhirnya pada tahun 1957 mereka sekeluarga memutuskan untuk hijrah ke Belanda.

Disana, mereka menetap di Breda dan memulai karir rekaman. Nama The Tielman Brothers lebih dikenal di Eropa, terutama Belanda. Di Indonesia sendiri, nama The Tielman Brothers masih menjadi nama yang asing, sebuah kenyataan yang sangat disayangkan.

The Tielman Brothers dipercaya lebih dulu memperkenalkan musik beraliran rock sebelum The Beatles. Aksi panggung mereka dikenal selalu atraktif dan menghibur. Mereka tampil sambil melompat-lompat, berguling-guling, serta menampilkan permainan gitar, bass, dan drum yang menawan. Andy Tielman, sang frontman, bahkan dipercaya telah mempopulerkan atraksi bermain gitar dengan gigi, dibelakang kepala atau dibelakang badan jauh sebelum Jimi Hendrix, Jimmy Page atau Ritchie Blackmore.

Mereka adalah pionir sejati dari musik rock 'n roll, mereka mulai bermain musik rock 'n roll sejak tahun 1945,
Musik mereka pada tahun 1945 disebut indorock . Penampilan pertama mereka di kota surabaya pada tahun 1945 sebelum orang tua mereka hijrah ke holland. Jauh sebelum the beatles atau pun elvis presley, mereka penemu musik rock 'n roll dengan penampilan yg heboh dan mengagumkan. Sayang sekali karena mereka terlahir di negeri (indonesia) yg pada waktu masih menjadi koloni belanda, sehingga karya mereka di jiplak mentah - mentah oleh musisi/artis eropa atau amerika tanpa merasa bersalah sedikitpun. Sepertinya sejarah musik rock tidak pernah mencantumkan nama the tielman brothers sebagai pionir musik rock. Sudah seharusnya sejarah musik rock di revisi kembali.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana menurut anda? Tolong Kasih komentarnya dong !