MENGAPA POPEYE KUAT SETELAH MAKAN BAYAM?

Tahukah anda bahwa ternyata ada kisah unik dibalik pembuatan serial kartun Popeye The Sailor Man. Serial yang sepertinya sampai sekarangpun masih dinikmati penggemarnya.

Pada awalnya kartun Popeye dibuat untuk ditayangkan dalam harian King Features oleh penciptanya Elzie Crisler Segar pada tahun 1929 dan terus ditayangkan hingga serial televisinya dibuat pada tahun 1933. Dibuatnya serial kartun ini memiliki kaitan yang erat dengan peristiwa depresi ekonomi serta Perang Dunia ke II yang dialami oleh Amerika serikat ketika itu. Kebijakan penghematan ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah Amerika juga menyentuh bidang pangan. Daging, telur, serta berbagai macam sumber protein lainnya sebagian besar didistribusikan untuk keperluan para prajurit di medan perang, sedangkan rakyat yang ada di dalam negeri hanya mendapatkan sisanya yang hanya berupa sayur-sayuran terutama bayam tanaman yang mudah tumbuh di mana saja dengan waktu panen yang cepat.

Dapat dikatakan serial Popeye ini berhasil menjadi alat propaganda Amerika agar rakyat tidak melakukan protes karena tidak tersedianya daging serta makanan berprotein lainnya dan mau dibujuk agar mau memakan sayur-sayuran karena Popeye menjadi kuat hanya dengan memakan bayam saja. Selain itu heroisme karakter Popeye dengan atribut angkatan lautnya dimaksudkan agar rakyat mau bergabung ke dalam milter Amerika Serikat dan mendukung pemerintah dalam Perang Dunia Ke II.

Pemerintah memang memiliki segala macam cara agar segala tujuannya tercapai dan Popeye adalah salah satu bukti dari upaya pemerintah mempropagandakan segala kebijakan yang dikeluarkannya agar mendapatkan dukungan dari rakyat.

sumber : asaborneo.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana menurut anda? Tolong Kasih komentarnya dong !