Servis TV ICHIKO

Hari ini (minggu/4-12-2011) lagi santai-santai nonton bola ISL di Anteve,maklum hari minggu ingin juga santai seperti orang kaya..hehehe..tiba2 ada yg bersuara "assalammualaikum ! Mas deno lagi ada kerjaan ga?...ga ada tuh! emang ada apa? ..Anu tv saya mas..kaga mau nyala..merknya apa pak? ..ichiko mas! ..rusaknya seperti apa pak? ...ya nggak nyala aja, biasanya klo saya nyalain dia nyala..trus klo saya matiin dia mati ( yaa iya laahh ) ..ya udah nanti saya ke rumah bapak..( gagal deh acara santai2nya..gpp deh)

Semua peralatan dah di masukin ke tas..menuju TKP! Assaalaammu`alaikum! Ini nih Tv nya yang rusak..iya mas..kan masih keliatan barunya nih? ..iya baru 3 bulanan, maklumin aja namanya juga tv china..murah meriah! Ok saya cek dulu ya pak!.silahkan!

Tv ini merknya ICHIKO slimflat..udah menggunakan ic master type Toshiba HAY .. gejala kerusakan tv apabila di on dari posisi standby mau on..tapi tidak ada gambar dan suara..cek tegangan b+ 115 vdc ok..tegangan 24 vdc untuk supply driver horisontal dan blok vertikal ok..hemmm apanya nihhh..??? tv saya off kan..cek fisik komponen..semua sudut mesin saya periksa dgn cermat dan teliti..that`s it! rupanya pada permukaan IC Vertikal terdapat retakan dan gosong (setengah pecah..beruntung semua body ic masih menempel) diantara retakan itu nampak setengah kabur tulisan seri dari ic tersebut...STV 8172A..yaa tv ichiko ini menggunakan ic vertikal jenis STV 8172A...Siip..kucabut ic yang bermasalah ini..tv ku coba nyalakan kembali..jesss tv nyala keluar gambar..gambar segaris mendatar ( karena Ic vertikal terbakar dan aku cabut dari papan mesin ) ...jelas sudah penyebab kerusakan tv ini adalah IC vertikal yang terbakar..

Harus ganti ic vertikalnya nih pak!..ya udah mas ganti aja..saya pun meluncur menuju toko mitra elektronik di kawasan perempatan japos ciledug.. untuk membeli ic vertikal tersebut..ternyata ic dengan seri STV 8172A tidak ada (habis) ..wahhh pake seri apa yahh sebagai gantinya (persamaannya) hmmm..??? Coba deh , klo yang seri lain ada gak? ..adanya TDA 8172A mas (jawab si mbak yg punya toko) ya udah itu bisa juga kok walau seri depannya berbeda tapi seri angkanya sama..saya beli 2..yang satu buat cadangan...

Setelah saya dapat tuh Ic walau sedikit berbeda ( STV 8172A saya ganti dgn TDA 8172A ) akhirnya saya pasang di papan rangkaian..saya coba nyalakan tv nya..eeng ing eeng..byarrrr tv berhasil on dengan gambar normal suara normal..saatnya berkata..SEMPURNA (hehehe)
Siip mas dah normal lagi tv saya..ehh ya sekalian cek dvd saya juga mas! ok siip..

Ternyata kerusakan dvd nya hanya kendor saja pada bagian socket dari power supply ke mpeg untuk tegangan 12 vdc & 5 vdc..akhirnya semua kerjaan dah kelar dengan sukses...pulang ke rumah..lanjutkan acara santai menyantainya. Alhamdulillah !

SEKARANG Bikin PT atau CV gak perlu keluar rumah !!!
>

12 komentar:

  1. ok buat mas deno sukses selalu

    BalasHapus
  2. mantap infonya ! SuKSES !

    BalasHapus
  3. kalau tvnya gg bsa nampakan gambar klau kita pakai dvd gmana ? ? ? tlong mas

    BalasHapus
  4. kalau TV saya " merk sama " tapi semua komponent diPCB semuanya mulus gak ada yang retak atau gosong sedangkan problem sama, pake remote g bisa, manual jg g bisa.. gimana tuh..?

    BalasHapus
  5. kalau TV saya " merk sama " tapi semua komponent diPCB semuanya mulus gak ada yang retak atau gosong sedangkan problem sama, pake remote g bisa, manual jg g bisa.. gimana tuh..?

    BalasHapus
  6. siip prjuangan kita sama d bidang servis menyervis

    BalasHapus
  7. saya punya kasus sama gan,tv ichiko hanya nyala di tengah,ic udg ganti,tgangan vrtkl normal,apa ya gan?tlg bantu

    BalasHapus
  8. tolong apdit lagidong postingannya !

    BalasHapus
  9. salam kenal mas deno saya punya tv merk ichiko awalnya kerusakan sepele,setelah saya ganti alat yg rusak tv sudah oke begitu saya rapikan rupanya sasis kabel telanjang yg dari tabung lepas dan terkena jack rca di tv dan akhirnya malah gak ada gambar sama suara tapi saya oan masih mau kira kira apanya yg rusak ya mas trims

    BalasHapus
  10. Tv sy ichiko 21". Tpi udah gnti msin WCOM, pas diganti mesinx gmbarx kecil dan pas ditengah kira2 8" sja.
    apanya kira2 yg salah
    mhon pencerahanx

    BalasHapus
  11. Tv ichiko saya kok ada tulisan factory Napa ya

    BalasHapus

Bagaimana menurut anda? Tolong Kasih komentarnya dong !