Service TV FUJITEC

Berlanjut..hari ini ternyata saya emang gak bisa ngerasain santai..tadi sore baru aja kelar nyervis tv ichiko (baca posting saya sebelumnya tentang service tv Ichiko) ehh habis maghrib dah ada lagi yang kerumah minta diservisin tv nya..bang deno tv babeh ane rusak kaga mau nyala..merknya apa bro? merknya Fujitec 21 inc...bisa gak kerumah ane sekarang? oke deh..(hmm mana lagi rame nih bola ISL /PSMS Vs Kukar)

Segera persiapan alat dan perlengkapan..cuaca udah rada mendung angin pun dingin menerpa tubuh ku ( cie elaaah kakak !) segera ku percepatlaju sepeda motorku menuju TKP! Sampai dilokasi sudah menunggu seonggok Tv merk Fujitec dengan model yang khas ( ada strip biru di frame casingnya) ini bang tv nya..tuh kan saya nyalain kaga nyala,lampunya aja kaga ikut nyala juga..wah iya tuh..biasanya kalau begini rusak apanya bang? biar pasti mending saya cek aja ok?
ya udah bongkar aja!

Segera saja ku bongkar tuh tv...setelah itu aku coba nyalakan kembali tv..ternyata bukan hanya tidak nyala/on tetapi setelah box belakang tv ku bongkar dapat terdengar bunyi mendesing cukup pelan..semakin jelas apa yang rusak..sudah pasti dengan gejala seperti ini, maka kerusakan terletak pada komponen Transistor horisontal/Final out..tanpa banyak cincong segera ku cek transistor tersebut (matiin dulu tv nya,ntar nyetrum lagi..) ternyat benar Tr ini sudah rusak/short..Tr nya pake D2499..semua kakinya ketika diukur dgn tester(x 1k) telah open semua/nyambung...Sebelum saya ganti dengan Tr yang baru, maka saya ukur dulu tegangan B+ apakah normal atau tidak, dan ternyata B+ nya terukur normal yaitu 105 vdc...tegangan yang lain pun normal adanya...Siipp!

Transistor yang baru pun akhirnya kupasang..jreeengg! Tv pun nyala kembali dengan gambar dan suara yang normal..(adem pala gue) Sesuai standard operasional tv sebelum di pasang boxnya kembali, harus di tes dulu (10-30 menit) sambil di tes aku coba pegang heatsink/pendingin Tr Horisontal yang barusan saja saya ganti..waduhh panas banget nih ! Ada yang gak beres nih...Tv ku matiin lagi..apalagi nih ye? kalo terlalu panas bisa jebol lagi nih Tr..masih ada yang lom normal nih?

Kembali aku cek tegangan - tegangan, ok semua tuh..cek komponen elco2 di secondary regulator..ok juga tuh bro! Cek kapasitor damper dan horisontal sync..ok bro no problemo! so opo sing ra normal rek! Tertegun ku menatap mesin fujitec, apa nya yaaa????

Akhirnya terpikir di benak ku! coba di solder ulang kaki2 komponen di sekitar blok horisontal..setelah semua komponen2 tersebut saya solder ulang, kini saatnya mencoba tes tv nya kembali..tv ku nyalakan...sekitar 5 menit kemudian saya cek kembali heatshink Tr horisontal..hmmm cukup adem gak terlalu panas..begitu juga setelah 3o menit kemudian..heatshink tersebut tetap hangat tidak seperti sebelumnya..sepertinya sudah normal nih tv..Bismillah saya pasang kembali box tv nya dan saya nyatakan Tv ini telah kembali sehat,maka dengan itu servis telah selesai (pasukan boleh dibubarkan!)

Malam semakin larut dan gerimis pun mulai turun dengan syahdunya,seiring dengan telah selesainya saya menyervis tv fujitec, setelah semua urusan administrasi selesai..saya segera pamit pulang..alhamdulillah!


 

8 komentar:

  1. ok nih infonya mas bro !

    BalasHapus
  2. Saya juga lg ada tv fujitec.. Gejala sama persis.. Tp tr horintalnya ga short... Heatsink panas ga normal... Dah ganti tr horisontal.. Masih ga nyala jg..... Kita2 apanya mas bro

    BalasHapus
  3. No ICC 601 tv fujitec model no 21FSS5PF

    BalasHapus
  4. No ICC 601 tv fujitec model no 21FSS5PF

    BalasHapus
  5. No ICC 601 tv fujitec model no 21FSS5PF

    BalasHapus
  6. info yang sangat membantu sekali
    bila anda minat untuk servis laptop dan software silahkan datang ke blog : http://omah-download.blogspot.co.id

    BalasHapus

Bagaimana menurut anda? Tolong Kasih komentarnya dong !