SERVICE TV TOSHIBA


Sudah lama gak posting di blog ku sendiri, maklum kebanyakan acara dinas luar alias servis panggilan. Kali ini saya coba memposting SERVICE TV TOSHIBA. Kemarin saya dapat panggilan untuk servis Tv Toshiba, dengan keluhan gambar hanya terbuka horisontal sedikit saja dan terdengar bunyi pletak-pletek dari dalam mesin. Akhirnya dengan membaca bismillah saya bongkar Tv Toshiba tersebut, tv toshiba ini type bomba mesin panjang, menggunakan IC croma TDAxxx lupa saya catat, Ic program TMP 87CK38N dan ic vertikal TA 8403K.

Setelah saya bongkar, nampak terlihat jelas bahwa bagian kabel anoda flyback bocor,inilah yang menimbulkan suara pletak-pletek oleh karena arus anoda bocor dan bersentuhan dgn bagian mesin yg lain. Berdasarkan kebiasaan setiap menghadapi ujian seperti flyback yg bocor ini, maka saya segera melakukan penambalan pada bagian kabel anoda flyback yg bocor tersebut. Caranya sangat mudah sekali cukup dengan lem power glue dan plastik bungkus es. Terlebih dulu kita oleskan lem powerglue di kabel anoda yang bocor, sebelumya potong memanjang plastik bungkus es buat sebanyak 5 potongan, kemudian lilitkan potongan plastik tadi ke kabel anoda buat beberapa lapis lilitan sambil terus mengoleskan lem power glue diatas lilitan plastik tersebut.Tunggu hingga lem mengering. Kemudian Tes, nyalakan mesin dan ternyata kabel anoda flyback sudah tidak bocor lagi. Pekerjaan bagian pertama telah selesai dilaksanakan.

Selanjutnya setelah flyback kembali normal, nampak terlihat gambar hanya sedikit terbuka horisontal, tentu kita berfikir bahwa kerusakan seperti ini terjadi pada bagian penguat Vertikal. Setelah saya periksa pada bagian tersebut nampak elko - elko nya kering, segera saya ganti dengan elko yang baru dan bagus. Tes coba nyalakan kembali, ternyata gambar masih menyempit. Wah saya lupa bahwa ada elko yang belum saya ganti, elko ini terletak di dekat IC chroma, biasanya dipasang dibagian bawah mesin (menghadap bawah) dengan kode kedudukan C301 nilainya 50v/1uf. Segera saya ganti elco tersebut, dan tes kembali. Tv telah terbuka gambarnya secara normal,tidak lagi menyempit. Tetapi tv tidak bisa dipindah-pindah chanel, no display..wahh rusak di bagian apalagi ini? 

Setelah cari sana dan sini akhirnya di temukanlah penyebab kerusakannya yaitu transistor dengan kode kedudukan Q370/C3198 yang terukur korslet, segera aku ganti dengan yang baru dan tv pun dapat dikontrol switch chanelnya, display pun kembali muncul. TV Toshiba ini telah sembuh dari sakitnya....Alhamdulillah.

Demikianlah laporan pandangan mata dari servis menyervis TV Toshiba. Semoga bermanfaat.Tunggu laporan - laporan berikutnya..( Itu juga kalo aku nya sempat ya )

3 komentar:

  1. tolong dong bahas mslh LCD TV TOSHIBA 19",kerusakanna pd layar bergaris garis n cm bagian kiri aj yg terbuka,it pun cm dikit yg terbuka,kayakna dah dah ahli dibidang tv,cz dokter tv daerah saya pd menyerah semua,,,,,,,makasih sebelumna

    BalasHapus
  2. Mas brow mau tanya ni,,,,,,saya benerin tv bomba yg basoka.masalahnya tombol volume ga fungsi.tp tombol chanel normal,ni apa ya mas brow masalahnya.matornuwon mas brow,,,

    BalasHapus
  3. Mas brow mau tanya ni,,,,,,saya benerin tv bomba yg basoka.masalahnya tombol volume ga fungsi.tp tombol chanel normal,ni apa ya mas brow masalahnya.matornuwon mas brow,,,

    BalasHapus

Bagaimana menurut anda? Tolong Kasih komentarnya dong !