PENYEBAB KOMPUTER TIDAK NORMAL

Kalau kita merasa komputer kita tidak bekerja dengan semestinya, maka mungkin komputer yang kita pakai akan mengalami hal - hal berikut ini :

1. Hardware conflict : terkadang sering terjadi hardware yang satu dengan yang lain tidak saling mendukung. Sebagai contoh motherboard tidak support dengan VGA card, menyebabkan tampilan gambar menjadi kotak - kotak. Bahkan komputer jadi suka restart sendiri (bukan disebabkan oleh virus). Bisa juga disebabkan karena hardware tersebut tidak ter install dengan baik. Nah kalau mau lihat atau check hardware yang bermasalah coba klik Start trus Setting -> control panel -> System -> Device manager. Nah disana coba liat ada ngga tanda ! dalam segitiga kuning. Kalau ada berarti ada hardware mu yang bermasalah. Cara yang paling baik yaitu reinstall lagi driver untuk hardware tersebut. Atau gunakan tool untuk melihat software driver dari hardware tersebut apakah sudah benar.

2.RAM yang jelek terkadang sering membuat “blue screen”. Nah coba deh ganti RAM mu. Atau terkadang kesalahan yang ada 2 RAM yang mempunyai spesifikasi yang berbeda dipaksain dipasang pada satu komputer, makanya kalau mau tambah RAM usahakan spesifikasi nya sama. Kalau perlu sama - sama dari satu pabrik sekalian

3. BIOS, makanya sering kunjungi web pembuat BIOS nya. Trus cari update BIOS nya.

4. Hard Disk, sering gara-gara susunan file di dalam hard disk sudah beraturan menyebabkan pc menjadi hang karena file nya entah ada di ujung sect0r entah di tengah, pokoknya ke acak - acak dah. Makanya sering lakukan Disk Defragment. Satu lagi kalau punya file atau data sering - sering di check masih berguna apa ngga. Jangan lupa jalankan Disk Clean-Up sebulan sekali.

5. Fatal OE exception. Ini disebabkan video card yang tidak support, coba ganti setting apperance nya. Kalau ga bisa juga tuh berarti VGA card nya harus diganti dengan VGA card yang lain baca petunjuk motherboard mengenai VGA card apa yg support.

6. Virus. Terkadang virus suka bikin pc kita jadi aneh bin ajaib. Makanya punya anti virus dengan real time protection.

7. Printer. Terkadang di saat kita mau nge print file yang besar, sering membuat pc kita hang. Hal ini disebabkan karena setiap kita hendak nge print dokumen PC mengirimkan file tersebut ke memori yang ada di printer. Nah printer tuh cuma punya memori yang kecil. Kalau hal ini terjadi cabut dahulu kabel printer yang nyambung ke pc abis itu matiin printernya dan pencet tombol reset pada printer.

8. Software. Masalah yang sering bikin komputer hang yah ini. Sebelum install software chek dolo apakah dia support dengan sistem operasi pc kita (apakah untuk MAc , windows 98, Win Xp). Check juga system requirment nya (apakah untuk P IV , P III, atau AMD)

9. Terlalu panas. Sering terjadi hardware tidak bekerja karena terlalu panas, tambahkan kipas lebih banyak lagi.

10. Power Supply. Supply listrik yang kurang juga dapat membuat PC jadi kurang baik berfungsi. Sesuaikan daya pada Power Supply dengan kebutuhan listrik dari PC itu sendiri, atau gunakan stabilizer.

Paling tidak itulah bebera contoh kerusakan yang sering terjadi pada komputer berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan. Jika anda pembaca ada yang mempunyai pengalaman yang lain atau mengalami hal yang sama, silahkan bertukar pengalaman dengan saya atau anda dapat mengomentari postingan ini sebagai bahan perbaikan bagi saya. Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana menurut anda? Tolong Kasih komentarnya dong !